Monday, October 20, 2008

Harga Pupuk Anjlok Drastis


Senin, 20/10/2008 16:11 WIB
Alih Istik Wahyuni - detikFinance


Jakarta - Harga pupuk internasional turun drastis dalam tiga minggu terakhir. Jika sebelumnya harga pupuk mencapai US$ 790/ton, belakangan ini anjlok menjadi US$ 350-400/ton. Demikian disampaikan Dirut Pupuk Iskandar Muda (PIM) Mashudianto dalam keterangan pers di Restoran Bunda Sati, Jakarta, Senin (20/10/2008). Menurut Mashudianto, turunnya harga pupuk ini dipicu berubahnya posisi supply dan demand pupuk dunia.


Terutama sejak penyerapan pupuk oleh industri dunia mulai melemah. "Harga turun sejak 3 minggu lalu, kalau saya lihat masalah supply demand sementara. Penyerapan pupuk terutama industri non pangan mulai turun," katanya. Meski begitu, ia mengaku optimistis melemahnya harga pupuk ini hanya akan berlangsung sementara. Harga pupuk diharapkan akan kembali naik sekitar 2 bulan dari sekarang. Perubahan harga pupuk internasional ini memang tidak berpengaruh banyak pada PIM karena pupuk yang diproduksi PIM disubsidi oleh pemerintah.

Selain itu, Indonesia juga bukan pemain kunci di pasar pupuk dunia karena tingkat produksi yang masih kecil. Untuk urea saja, total produk urea nasional sekitar 6 juta ton per tahun. Dari jumlah ini sekitar 4,5 juta ton dialokasikan untuk dalam negeri terutama untuk pangan dan industri.(lih/ddn)

source: detik.com

No comments:

Post a Comment

Cari di Google

Google
 
Web kabarsawit.blogspot.com