Monday, October 27, 2008

Replanting Baru 90 Hektar Lahan Sawit Tanjung Kasau 2.272 Hektar

Edisi Selasa, 28 Oktober 2008
Sei Suka, (Analisa)

PT Perkebunan Sumatera Utara (Sumut) di Tanjung Kasau Kecamatan Sei Suka Batubara selesai melakuakan replanting 90 hektar tanaman rambung. Tanaman rambung tersebut dikonversi dengan sawit.

Kini PT Perkebunan Tanjung Kasau yang merupakan milik Pemprovsu itu menjadi 2.272 hektar.
Sumber Analisa menjelaskan Senin (27/10), selama ini lahan Hak Guna Usaha (HGU) Kebun Tanjung Kasau luasnya 2591 hektar. Dengan konversi lahan baru sawit tersebut, tanaman rambung hanya tinggal 319 hektar.

Sampai saatnya nanti, semua lahan HGU ditanamai sawit. Dari satu tahap ke tahapan berikutnya, sisa tanaman rambung bisa sampai batas usia juga akan dikonversi dengan sawit.
Menurut sumber Analisa, meski harga sawit turun, bagi pihak perkebunan tidak jadi masalah. Tanjung Kasau memiliki pabrik kelapa sawit (PKS) sendiri.

Tanda Buah Segar (TBS) produksi perkebunan diolah sendiri menjadi crude palm oil (CPO) dan selanjutnya dipasarkan untuk dijadikan minyak goreng dan lainnya.

Di sisi lain sumber Analisa menjelaskan, dalam waktu dekat pihak perkebunan akan melakukan penutupan kanal di hulu Sungai Hitam agar air tidak terlalu berlebihan masuk ke areal lahan sawit seperti selama ini.

Demikian juga bila musim hujan, kawasan perkebunan sering tergenang akibat bagian hilir daerah luar lahan kebun tak mampu lagi menampung volume air yang tinggi. Akibatnya air tersebut sering tergenang.

Sementara kantong-kantong air sulit dibuat karena volume air jauh lebih tinggi. Karenanaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batubara juga harus ikut serta mengambil langkah kebijakan mengatasi kondisi air yang sering tergenang khususnya pada mausim hujan seperti baru-baru ini.

Demikian juga PTPN 3 yang memiliki kebun di Simujur, hilir Kebun Tanjung Kasau.
Meski banyak air tergenang, namun kegiatan pekerjaan karyawan di Perkebunan Tanjung Kasau tetap berjalan normal, aman dan lancar, ujar sumber Analisa. (al)

source: analisadaily.com

No comments:

Post a Comment

Cari di Google

Google
 
Web kabarsawit.blogspot.com